Selasa, 07 Agustus 2012

SUPLEMEN Tepat, PUASA lancar

"Bulan ini kita PUASA..., menjalankan perintah agamaaa..." Mungkin itu adalah penggalan lagu yang sering kita dengar setiap bulan Ramadhan datang. Sebagai orang beriman kita wajib berpuasa. *"ehh, kok malah ceramah yaa..?? :7 maappp.. lagi semangat neh, jalanin puasanya. :) bukan begitu sodara-sodara."
Nah, maka dari itu supaya Puasanya lancarrr... kayak jalan TOL ikutin deh Tips berikut ini: ;)
"Ayooo...manggg" =D7

Saat berpuasa semua funsi organ tubuh dikasih kesempatan beristirahat sehingga bisa bekerja lebih baik, dan fungsi hormonal juga menjadi seimbang. Namun, puasa juga membuat perubahan drastis pada metabolisme tubuh. Demi bisa melalui bulan puasa dengan maksimal, banyak yang mengonsumsi suplemen /multivitamin.

*Suplemen hanya sebagai pelengkap

Ada beberapa pertanyaan dibenak saya atau mungkin para blogger juga kali yaa..?! "Apakah suplemen wajib dikonsumsi selama puasa?", Ternyata tidak juga, karena suplemen itu diperuntukkan untuk orang yang mengalami kekurangan mineral dan vitamin. Seperti orang yang sedang sakit, mengalami gangguan pada usus halus, dan pada ibu hamil.
Jadi supaya kita tetap fit saat berpuasa adalah dengan makan makanan bergizi seperti sayuran, buah, dan banyak minum air putih saat sahur.

*Tepat konsumsi suplemen

Jika kita ternyata tidak dalam kondisi ideal untuk menjalani ibadah puasa, karena keadaan kerja fisik dan psikis yang berat dan daya tahan tubuh menurun, konsumsi suplemen sangat disarankan. Suplemen yang paling disarankan adalah yang berhubungan dengan asupan makanan yang berkurang selama berpuasa, yaitu serat, mineral, serta vitamin dari sayuran dan buah-buahan.

  • Vitamin B Komplek
Yang disebut vitamin B kompleks terdiri atas gabungan vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (pantothenic acid), vitamin B6 (pyriodoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat), vitamin B12. Vitamin B kompleks membantu tubuh dalam memperoses karbohidrat, lemak, dan protein sehingga terbentuk energi sekaligus daya tahan tubuh.

  • Vitamin C
Jenis vitamin yang satu ini termasuk paling aman dan efektif bagi tubuh. Selain ampuh untuk melindungi tubuh dari serangan batuk- pilek, vitamin C juga bermanfaat menjaga tubuh dari penyakit saat kita berpuasa.
  • Suplementasi Mineral
Beberapa jenis mineral memiliki fungsi sehingga bisa di jadikan sebagai pelengkap puasa. Jenis mineral tersebut antara lain; copper, zat besi, magnesium, mangan, fosforus, selenium dan zink
Copper mengandung komponen enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme zat besi, sementara zat besi dapat mencegah anemia, membantu menguatkan daya tahan tubuh. Suplementasi mineral ini bisa diperoleh melalui produk Multivitamin.
Agar manfaat bisa maksimal konsumsi suplemen sebaiknya sesuai dosis dan diminum saat sahur, selain minum suplemen ada beberapa hal yang juga harus dilakukan yaitu banyak minum air putih mulai dari saat berbuka puasa hingga saat sahur lagi. Konsumsi air yang cukup, membuat tubuh tidak dehidrasi sekaligus membantu organ tubuh menyerap nutrisi dengan baik serta melancarkan proses metabolisme. Selanjutnya istirahat dengan cukup. Ingat! kurang beristirahat juga berpengaruh pada kondisi fisik.


*Oke dehh..., sekian dulu yaa.. TIPS&tips dari saya semoga bermanfaat dan puasa para blogger mania lancar terusss... ;)




0 komentar:

Posting Komentar