Selasa, 24 Juli 2012

Bagaimana cara agar sakit Maag tidak Kambuh

Mereka yang menderita penyakit maag punya satu pertanyaan "Jika saya menyantap makanan ini, maag bisa kambuh gak yaaa...?" Jawabannya, tentu saja, tergantung makanan apa yang disantap.
Heartburn tidak ada hubungannya dengan jantung. Penyakit itu dalam bahasa Indonesia disebut penyakit Tukak Lambung, atau dalam bahasa sehari-hari disebut dengan Maag. Beberapa jenis penyakit bisa membuat maag kambuh. Pilihan makanan penderita maag tidak dibatasi, asalkan pintar memilih.

Pemicu: Terlalu banyak makan
Kadang, penyebabnya bukan makanan apa yang disantap, tapi berapa banyak makanan yang disantap sekaligus. Untuk penderita maag jika makanan dikonsumsi terlalu banyak tentu akan membuat maag kambuh. seperti firman ALLAH SWT dalam al-Qur'an surat al-'Araf ayat 31. "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya ALLAH tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan" kemudian juga sabda Rasulullah " Obat yang terbaik adalah makan yang cukup"
untuk itu cara menyiasatinya adalah dengan memakai piring ukuran lebih kecil. ;;-)

Pemicu: Makan terburu-buru
Jika ingin menjinakkan penyakit maag, #kucing kaleee... di jinakin :D, makanlah perlahan-lahan. Menurut Leslie Bonci. MPh. direktur nutrisi olah raga Pusat Medis Univ. Pittsburgh, mengatakan "Makan terburu-buru buruk untuk pencernaan".

Pemicu: Makanan berlemak
Makanan berlemak tinggi cenderung untuk menetap lebih lama di dalam lambung. Semakin lama tersimpan semakin tidak nyaman rasanya. Jika kita mengonsumsi makan berlemak seperti misalnya Ayam goreng, kentang goreng dan kulit ayam maka resiko kambuhnya maag bisa 2X lipat

*Tips Kurangi Lemak
Tidak perlu sampai menghindari makanan favorit, hanya saja olah makanan tersebut dengan cara lain, misal dengan cara direbus, panggang atau kukus

Pemicu: Makanan asam
Makanan asam termasuk tomat dan produk olahannya yang mengandung tomat seperti saos dan buah sitrus (jeruk, jeruk bali, lemon) lalu cuka dan mayonnaise jangan di santap ketika perut kosong. Karena bisa membuat asam lambung naik dan maag jadi kambuh

*Tips Kurangi makanan asam
Banyak pilihan lain produk segar, selain tomat, dan sitrus. Namun jika kita tetap ingin makan makanan asam, batasi saja konsumsinya atau makanan asam tersebut disantap bersama makanan lain yang tidak mengandung asam. Setiap orang memiliki batas toleransi yang berbeda jadi, hanya anda yang tahu porsi yang tepat. :)

Pemicu: Berbagai jenis minuman
Tidak hanya makanan. Minuman pun bisa menjadi pemicu maag. Seperti kopi, teh, cola dan minuman berkarbonasi lainnya dan minuman beralkohol. Minuman berkafein bisa menaikan asam lambung; minuman beralkohol merilekskan otot sfinkter di esofagus yang bisa menyebabkan maag; soda dan kafein juga menyebabkan perut kembung.

Pemicu: Cokelat
Cemilan kesukaan semua orang ini ternyata penyebab penyakit maag juga lhoo... :( sebab cokelat juga mengandung kafein seperti halnya kopi. Jadi kurangi saja porsinya jika ingin ngemil cokelat yaaa...

Pemicu: Makanan pedas
Kebanyakan orang Indonesia punya kebiasaan mengonsumsi sambal sebagai pelengkap menu makan. Semakin pedas, semakin asiiikk...:D Tapi, untuk penderita maag, makanan pedas adalah pantangan. Cabai juga memiliki fungsi hampir sama dengan alkohol yaitu mampu merilekskan otot sfinkter di esofagus bagian bawah yang menyebabkan maag. Bawang putih dan bawang merah memang bukan rempah, namun mereka adalah bumbu dengan rasa yang tajam pemicu maag.

*Tips Kurangi makanan pedas
Mau tidak mau, daripada sakit maag kambuh lebih baik dikurangi saja konsumsi sambal tapi bukan berarti makan makanan yang hambar lhoo... mungkin, jika biasa memakai 10 cabai kurangi saja menjadi 5 buah untuk membuat sambal

*Tips Kunyah permen karet
Mengunyah permen karet sesudah makan bisa merangsang pembentukan saliva (ludah). Saliva bisa menetralisir asam dan mendorong perut untuk menyalurkan isinya ke usus kecil lebih cepat. Pada dasarnya adalah pergerakan makanan lebih cepat (dicerna) sebelum maag menyerang.

*Jadi tunggu apa lagi jika para blogger ingin sehat, silakan di coba tips-tips yang saya tulis ini yaaa... :-bd

0 komentar:

Posting Komentar